Tips untuk Merawat Kulit Wajah Kombinasi

Pernah coba cek kondisi kulitmu yang kadang-kadang berubah-ubah? Kadang terasa berminyak banget kadang malah kering. Ya itu dia namanya tipe kulit kombinasi. Merawat kulit wajah kombinasi emang rada tricky karena kamu harus menemukan keseimbangan dan ragam produk perawatan untuk memenuhi kebutuhan spesifik kulitmu.

Tenang saja, merawat kulit wajah kombinasi supaya bisa Glowing alami masih bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah praktis. Yuk kita kupas mulai dari dasarnya dulu.

Apa Itu Tipe Kulit Wajah Kombinasi?

Tipe kulit wajah kombinasi adalah kondisi kulit berminyak di daerah ‘T’ dan kering di daerah lainnya. Daerah ‘T’ meliputi dahi, hidung dan dagu, contohnya seperti pada gambar di bawah ini:

merawat wajah kombinasi

Umumnya, daerah ‘T’ lebih mudah berjerawat karena pori-pori lebih terbuka. Sedangkan di sekitar pipi dan pelipis kulit terasa lebih kering dan mudah pecah-pecah. Repot kan?

Karena faktor tersebut, merawat kulit wajah kombinasi butuh perhatian ekstra, supaya kulit tidak terlihat kusam atau berjerawat. 

Bagaimana Caranya Mendeteksi Tipe Kulit Wajah Kombinasi?

Supaya kamu tahu apakah kamu termasuk tipe wajah kombinasi, inilah kriterianya:

  1. 30 menit setelah mencuci wajah, kamu akan merasakan beberapa titik terasa berminyak, tapi di daerah lainnya masih terasa kering.
  2. Kamu punya pori-pori melebar dan mudah terlihat di sekitar daerah hidung.
  3. Kalau kamu pakai pelembab untuk kulit berminyak, daerah T-zone terasa nyaman, tapi pipi masih terasa kering.
  4. Sedangkan kalau pakai pelembab untuk kulit kering, daerah T-zone terasa sangat berminyak.
  5. Kemungkinan kulit kepalamu juga berminyak dan mudah berketombe
  6. Sensitif dengan perubahan cuaca, kalau lembab dan panas jadi T-zone berminyak, tapi kalau dingin pipi terasa sangat kering dan mengelupas.
  7. Wajahmu bisa sekaligus berjerawat dan pecah-pecah.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah Kombinasi?

Langkah pertama untuk memilih perawatan kulit wajah kombinasi adalah mempersiapkan perawatan yang cocok dengan dua kondisi kulit yang berbeda. Memang merepotkan, tapi kalau sudah terbiasa pasti lebih mudah.

Berikutnya, kamu bisa menggunakan panduan ini untuk kebutuhan kulitmu:

1. C untuk “Cleansing”

Pilih pembersih dengan tekstur lembut, dan mudah larut dalam air seperti gel atau lotion. Bersihkan wajah tidak lebih dari dua kali; di pagi hari dan sebelum tidur. Idealnya, pembersih memiliki kandungan antioksidan dan vitamin untuk mencerahkan dan meremajakan kulit.

Setelah itu keringkan dengan handuk bersih, cukup di tepuk-tepuk saja, jangan digosok-gosokkan.

2. T untuk “Toning”

Setelah membersihkan wajah, gunakan Toner dengan properti untuk menghidrasi, menenangkan dan tidak menimbulkan iritasi. Hindari Toner dengan kandungan alkohol, karena dapat membuat pipimu semakin kering.

3. M untuk “Moisturizing”

Pelembab perannya penting untuk tetap menjaga kondisi kulitmu tetap prima dan ternutrisi.

Di pagi hari, kamu bisa menggunakan Moisturizing Sunscreen untuk melembabkan sekaligus melindungi kulitmu dari radiasi UV. Pilih krim pelembab dengan bahan non-comedogenic seperti Aloe vera atau Hyaluronic Acid.

Sedangkan di malam hari, gunakan krim malam dengan kandungan padat nutrisi, antioksidan dan pelembab yang mampu bertahan sepanjang malam. Idealnya, krim malam juga mengandung formulasi anti-aging dan pencerah kulit seperti vitamin C, Collagen dan Licorice.

Rekomendasi Produk Untuk Merawat Kulit Wajah Kombinasi

Tak perlu pusing-pusing lagi mencari produk untuk perawatan kulit wajah kombinasi, karena di sini sudah ada rekomendasi produk-produk terbaik untuk memenuhi kebutuhanmu. Yuk kita cek satu-satu:

1. Mellydia Facial Foam

Pembersih wajah bertekstur seperti gel, lembut dan mudah diaplikasikan ke kulit wajah tanpa iritasi. Diperkaya dengan Bengkoang dan antioksidan (vit. E) untuk mencerahkan kulit. Aroma floralnya menenangkan dan tak terlalu kesat. Klik di sini untuk pembelian

2. Mellydia Beauty Water

Toner serbaguna yang dapat kamu gunakan untuk menghidrasi wajah kapanpun kamu butuhkan. Dilengkapi dengan formulasi Aloe vera, Collagen, Bengkoang dan vitamin C untuk menutrisi kulit. Teksturnya cair dan mudah meresap ke kulit. Klik tautan ini untuk pembelian

3. Mellydia Day Cream

Krim pelembab dengan tambahan properti UV-Filter, melembabkan sekaligus melindungi kulit dari radiasi matahari. Diperkaya dengan Alpha-arbutin, Licorice serta vit. E untuk mencerahkan sekaligus memudarkan flek hitam. Mau beli? klik di sini

4. Mellydia Night Cream

Krim malam padat nutrisi dengan ekstrak Aloe vera, vit. E, Alpha-arbutin, dan Licorice. Melembabkan sekaligus menutrisi kulit hingga ke dalam pori untuk membantu proses regenerasi sel kulit. Klik di sini untuk pembelian

Kesimpulan

Merawat kulit wajah kombinasi membutuhkan perhatian ekstra karena dua kondisi kulit yang berbeda. Daerah T-zone cenderung berminyak dan mudah berjerawat, sedangkan daerah pipi dan pelipis cenderung kering dan mudah kusam.

Diperlukan produk yang mampu memenuhi kebutuhan kulit berminyak dan kering sekaligus agar tipe kulit kombinasi tampak cerah dan terawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post