Bahas Tuntas Aloe Vera Extract, Asal- Usul Sampai Manfaat Untuk Kulit

Bahas Tuntas Aloe Vera Extract, Asal- Usul Sampai Manfaat Untuk Kulit

Aloe vera atau lebih dikenal dengan lidah buaya adalah salah satu tanaman  sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering kepulauan Canary di benua Afrika barat. Tanaman ini pun bisa tumbuh di berbagai benua dan seiring perkembangan zaman tanaman ini menjadi begitu populer di berbagai belahan dunia.

 

Aloe vera sudah dikenal ribuan tahun sebagai tanaman yang kaya akan manfaat dan karena pada pelepahnya terdapat berbagai macam kandungan nutrisi. Fakta sejarah yang ada menyebutkan bahwa Bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM. Hal ini tercatat dalam Egyptian Book of Remedies, yang menceritakan bahwa pada zaman Cleopatra, lidah buaya dimanfaatkan untuk bahan kosmetika dan pelembab kulit. 

 

Kandungan Nutrisi Yang Ada Dalam Aloe vera

Salah satu alasan lidah buaya dijadikan sebagai perlindungan kulit terutama saat kulit iritasi atau terluka adalah kandunganya yang bisa menenangkan kulit dan rasa dingin pada saat ditempelkan ke kulit. 

 

Itu karena pada bagian gel lidah buaya mentah mengandung sekitar 98,5% air, dengan kandungan 1,5% yang merupakan susunan senyawa vitamin, mineral, enzim, polisakarida, senyawa polipakarida, dan asam organik yang larut dalam air dan larut dalam lemak. Beberapa vitamin dan mineral tersebut berguna sebagai pembentuk antioksidan alami yang mencegah penuaan dini.

 

Lidah buaya juga mengandung karbohidrat, hormon, dan zat golongan obat seperti antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, dan antipembengkakan.  Semua zat tersebut sangat bermanfaat untuk kulit, apalagi untuk kulit yang sensitif.

 

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai kandungan lidah buaya:

1. Kaya vitamin

Bagian daging dari batang aloe vera mengandung vitamin B, asam folat, B12, C dan E. Vitamin B bermanfaat bagi kerja saraf dan otot dalam menghilangkan nyeri.

Kandungan vitamin B12 yang terdapat pada aloe vera juga tergolong  cukup tinggi, padahal umumnya vitamin B12 hanya ditemui pada hewan.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin C dan E pada aloe vera juga baik untuk imunitas serta kesehatan kulit dan reproduksi. Sangat cocok dikonsumsi dalam bentuk olahan minuman atau makanan.

2. Mineral

Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, bisa dibilang aloe vera termasuk tanaman dengan kandungan mineral yang cukup lengkap. Mulai dari kalsium, kromium, sodium, selenium, magnesium, potasium mangan sampai zinc. Cukup untuk memenuhi asupan mineral baik bagi tubuh.

3. Antioksidan

Antioksidan pada Aloe vera terdapat pada kandungan vitamin C dan E yang ada di dalamnya. Itulah mengapa Aloe vera sangat baik bagi kulit, karena kombinasi antara antioksidan dan vitamin mampu melindungi kulit dengan baik dari sinar UV.

4. Tinggi cairan

Hampir 90% lebih kandungan yang ada pada aloe vera berisi air. Hal ini sangat baik untuk kesehatan yaitu untuk menghidrasi tubuh dan kulit serta melancarkan pencernaan. Cairan pada lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk minuman ataupun masker untuk melembabkan kulit.

 

Manfaat Aloe Vera

Menurut penelitian seorang ahli kesehatan dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya memiliki manfaat  untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Misalnya radang tenggorokan, bisul, rambut rontok, wasir, dan kulit memar, pecah-pecah serta lecet.

 

Lebih spesifik lagi, seorang dokter spesialis kulit bernama Francesca Fusco menjelaskan, beberapa manfaat aloe vera di antaranya dapat mengurangi efek peradangan, melembabkan kulit, menenangkan iritasi kulit, mengatasi kulit yang terbakar matahari, hingga mengatasi masalah jerawat. 

 

1. Mengurangi Efek Peradangan

Aloe Vera menjadi tanaman yang biasa digunakan untuk menenangkan kulit yang sedang mengalami peradangan atau luka. Tekstur gel dengan efek dingin tidak akan membuat kulit bereaksi lebih parah lagi. Kulit yang terluka akan menjadi tenang dan cepat kering. Giberellin yang merupakan zat yang ada pada aloe vera juga bertindak sebagai perangsang regenerasi kulit untuk menyembuhkan bekas luka.

 

2. Melembabkan Kulit

Kandungan air yang melimpah sangat berguna untuk kulit yang mengalami hidrasi dan kering. Aloe Vera bisa memberikan kelembaban dan kelembutan yang tahan lama pada kulit. 

 

3.  Menenangkan Kulit Iritasi

Saat kulit terasa panas, perih, dan merah akibat reaksi kulit terhadap suatu zat itu dinamakan iritasi. Gel lidah buaya memiliki sifat antiradang yang dapat menenangkan kulit yang iritasi.

 

4. Mengatasi Kulit Yang Terbakar Matahari

Terkena sinar matahari yang terlalu lama bisa membuat kulit terbakar. Apalagi bagi kalian yang punya kulit sensitif, maka akan lebih rentan memerah dan terasa sakit saat terbakar matahari. Ketika getah atau gel lidah buaya dioleskan pada kulit, sensasi dinginnya akan membantu menenangkan kulit yang panas akibat sengatan matahari.

 

5. Mengatasi Masalah Jerawat

Aloe vera mengandung zat anti bakteri. Kandungan ini sangat efektif menyembuhkan jerawat dan mengurangi warna merah akibat timbulnya inflamasi. 

 

Selain itu, kandungan anti bakteri ini juga mencegah bakteri serta kotoran masuk ke dalam pori-pori kulit, sekaligus jerawat, yang dapat memperparah kondisi kulitmu. 

 

Produk Skincare Dengan Kandungan Aloe Vera

Dikenal dengan beragam manfaat yang ajaib, tidak heran kenapa banyak produk kecantikan yang menggunakan aloe vera sebagai bahan dasar pembuatan skincare mereka. Bukan hanya satu atau dua manfaat positif, tapi ratusan manfaat dengan berbagai kandungan dan nutrisi.

 

Salah satu produk yang menggunakan Aloe Vera sebagai bahan dasar pembuatan skincare nya adalah Mellydia Skincare. Dalam satu paket perawatannya yang berisi 5 produk, ada 3 produk yang menggunakan Lidah buaya. Produk tersebut adalah Day Cream, Night Cream, dan Beauty Water. 

 

1. Day Cream Mellydia

Lidah buaya dalam Day cream Mellydia, lebih berfungsi sebagai zat yang membantu melembabkan dan juga memproteksi kulit dari panas sinar matahari. Selain itu aloe vera disini juga sebagai obat antiradang bagi kulit yang iritasi akibat pemakaian skincare lain yang mengandung bahan keras dan berefek buruk untuk kulit.

2. Night Cream Mellydia

Lidah buaya dalam Night cream Mellydia, Membantu menenangkan kulit yang meradang, membantu proses penyembuhan jerawat dan meminimalisir bekas luka akibat jerawat. 

 

3. Beauty Water Mellydia

Aloe vera dalam Beauty Water Mellydia, berfungsi untuk memberikan kelembaban dan hidrasi pada kulit saat dibutuhkan sewaktu-waktu.   Lidah buaya juga bertindak sebagai perangsang tumbuhnya sel baru. Sehingga proses regenerasi kulit lebih cepat tanpa meninggalkan bekas luka.

 

Kesimpulan

Aloe Vera atau biasa kita sebut lidah buaya memiliki ekstrak yang menurut penelitian dan para ahli memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh dan juga kulit. Mengandung berbagai macam nutrisi dan juga vitamin seperti vitamin B,C, E, mineral, karbohidrat, antioksidan dan berbagai zat yang berguna untuk mempercantik kulit dan mengobati luka. Lidah buaya banyak digunakan untuk bahan dasar skincare dan kosmetik, salah satunya adalah Mellydia Skincare. 

 

Berbeda dengan skincare lainnya, Mellydia skincare memiliki kombinasi bahan alami yang lengkap dan saling mendukung untuk merawat kulit normal- berjerawat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Made with in Indonesia

Mellydia Cosmetics Official © 2002 – 2019

Managed By CV. Tr Makmur Sentosa